REFLEKSI DAY 15
REFLEKSI PEMBELAJARAN
SIKLUS BELAJAR/DAY 15
Learning Cycle/Siklus belajar adalah
model pembelajaran yang berpusat pada kegiatan penyelidikan sebelum konsep
ilmiah diperkenalkan kepada siswa. Dalam model pembelajaran Learning Cycle
siswa mengembangkan pemahaman konsep melalui pengalaman langsung yang bertahap
dan bersiklus.
IMPLEMENTASI SIKLUS BELAJAR
(1) Pengetahuan dikonstruksi dari pengalaman siswa,
(2) Informasi baru yang dimiliki siswa berasal dari
interpretasi individu,
(3) Orientasi pembelajaran
TIPE LEARNING CYCLE
1. Deskriptif, para siswa menemukan pola empiris dalam konteks khusus
(eksplorasi)
2. Empiris-induksi, para siswa juga
menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi)
3. Hipotesis deduktif, dimulai dengan
pernyataan sebab.
FASE LEARNING CYCLE
1. Fase I : Exploration
a. Siswa diberi
kesempatan untuk mengekplorasi materi secara bebas.
b. Siswa mengobservasi
dan memahami fenomena alam
c. Siswa mengembangkan
pengetahuan baru
d. Tujuan eksplorasi ini
adalah untuk merangsang minat siswa.
e. Tujuannya bagi guru
adalah mengetahui pengetahuan awal siswa.
2. Fase II : Explaination
a. Guru mengenalkan konsep baru serta
menghubungkan antar konsep yang siswa temukan pada fase eksplorasi.
b. Pengenalan konsep dapat dilakukan dengan
cara diskusi
c. Siswa dibimbing untuk memahami konsep dan
prinsip-prinsipnya
3. Fase III : Aplikasi Konsep
a. Siswa berpikir tentang cara mengaplikasikan
konsep yang mereka dapat
b. Tujuannya adalah secara umum siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan mereka.
c. Guru memberikan berbagai persoalan dengan
konteks yang berbeda
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menggunakannya pada pengembangan konsep yang lebih lanjut.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
LEARNING CYCLE
Kelebihan
a. Dilihat dari dimensi
guru : memperluas wawasan dan meningkatkan kreatifitas guru dalam merancang kegiatan pembelajaran.
b. Dilihat dari
dimensi siswa
1. Meningkatkan motivasi
belajar karena pebelajar dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.
2. Membantu
mengembangkan sikap ilmiah siswa
3. Pembelajaran
menjadi lebih bermakna
Kekurangan
1. Efektifitas
pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah
pembelajaran.
2. Menuntut
kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses
pembelajaran
3. Memerlukan
pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi
4. Memerlukan
waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan
pembelajaran
Komentar
Posting Komentar