REFLEKSI DAY 15



REFLEKSI PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR/DAY 15

            Learning Cycle/Siklus belajar adalah model pembelajaran yang berpusat pada kegiatan penyelidikan sebelum konsep ilmiah diperkenalkan kepada siswa. Dalam model pembelajaran Learning Cycle siswa mengembangkan pemahaman konsep melalui pengalaman langsung yang bertahap dan bersiklus.

IMPLEMENTASI SIKLUS BELAJAR
(1) Pengetahuan dikonstruksi dari pengalaman siswa,
(2) Informasi baru yang dimiliki siswa berasal dari interpretasi individu,
(3) Orientasi pembelajaran 

TIPE LEARNING CYCLE
1. Deskriptif, para siswa menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi)
2.  Empiris-induksi, para siswa juga menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi)
3.  Hipotesis deduktif, dimulai dengan pernyataan sebab. 

FASE LEARNING CYCLE

1. Fase I : Exploration
a. Siswa diberi kesempatan untuk mengekplorasi materi secara bebas.
b. Siswa mengobservasi dan memahami fenomena alam
c. Siswa mengembangkan pengetahuan baru
d. Tujuan eksplorasi ini adalah untuk merangsang minat siswa.
e. Tujuannya bagi guru adalah mengetahui pengetahuan awal siswa.

2. Fase II : Explaination
a. Guru mengenalkan konsep baru serta menghubungkan antar konsep yang siswa temukan pada fase eksplorasi.
b. Pengenalan konsep dapat dilakukan dengan cara diskusi
c. Siswa dibimbing untuk memahami konsep dan prinsip-prinsipnya

3. Fase III : Aplikasi Konsep
a. Siswa berpikir tentang cara mengaplikasikan konsep yang mereka dapat
b. Tujuannya adalah secara umum siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan mereka.
c. Guru memberikan berbagai persoalan dengan konteks yang berbeda
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menggunakannya pada pengembangan konsep yang lebih lanjut.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LEARNING CYCLE

Kelebihan
a. Dilihat dari dimensi guru : memperluas wawasan dan meningkatkan kreatifitas  guru dalam merancang kegiatan pembelajaran.
b. Dilihat dari dimensi siswa
1. Meningkatkan motivasi belajar karena pebelajar dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.
2.    Membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa
3.    Pembelajaran menjadi lebih bermakna

Kekurangan
1.    Efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah pembelajaran.
2.   Menuntut kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran
3.   Memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi
4.   Memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN CTL

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA