REFLEKSI DAY 13
REFLEKSI PEMBELAJARAN PAKEM/DAY 13
PAKEM
merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan yang beragam
untuk mengembangkan ketrampilan, sikap dan pemahaman dengan mengutamakan belajar
sambil bekerja, guru menggunakan berbagai sumber belajar dan alat bantu
termasuk pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar agar pembelajaran lebih
menarik, menyenangkan dan efektif.
KONSEP PAKEM
1. Aktif
2. Kreatif
3. Efektif
4. Menyenangkan
5. Menciptakan lingkungan tanpa stress (relaks),
lingkungan yang aman untuk melakukan kesalahan, namum harapan untuk sukses
tetap tinggi.
6. Menjamin bahwa bahan ajar itu relevan. Anda ingin
belajar ketika Anda melihat manfaat dan pentingnya bahan ajar.
7. Menjamin bahwa belajar secara emosional adalah
positif, yang pada umumnya hal itu terjadi ketika belajar dilakukan bersama
orang lain, ketika ada humor dan dorongan semangat,waktu rehat dan jeda teratur
serta dukungan antusias.
8. Melibatkan
secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan otak kanan.
9. Menantang
peserta didik untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengekspresikan apa yang
sedang dipelajari dengan sebanyak mungkin kecerdasan yang relevan untuk
memahami bahan ajar.
CIRI-CIRI PAKEM
a.
Pembelajaran mengaktifkan peserta didik
b.
Mendorong kreativitas peserta didik dan guru
c.
Pembelajarannya efektif
d. Pembelajarannya menyenangkan utamanya bagi peserta
didik
PRINSIP PAKEM
1.
Mengalami: peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental maupun
emosional
2. Komunikasi:
kegiatan pembelajaran memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan peserta
didik
3. Interaksi:
kegiatan pembelajarannyaa memungkinkan terjadinya interaksi multi arah
4. Refleksi:
kegiatan pembelajarannya memungkinkan peserta didik memikirkan kembali apa yang
telah dilakukan.
HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM
MELAKSANAKAN PAKEM
1. Memahami sifat yang
dimiliki anak
2. Mengenal anak
secara perorangan
3. Memanfaatkan
perilaku anak dalam pengorganisasian belajar
4. Mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
5. Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan
belajar yang menarik
6. Memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar
7. Memberikan umpan
balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar
8. Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental
TUJUAN PENILAIAN PEMBELAJARAN MODEL PAKEM
1. Menilai kemampuan individual melalui tugas tertentu
1. Menilai kemampuan individual melalui tugas tertentu
2. Menentukan kebutuhan pembelajaran
3. Membantu dan mendorong siswa
4. Membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik
5. Menentukan strategi pembelajaran
6. Akuntabilitas lembaga
7. Meningkatkan kualitas pendidikan
3. Membantu dan mendorong siswa
4. Membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik
5. Menentukan strategi pembelajaran
6. Akuntabilitas lembaga
7. Meningkatkan kualitas pendidikan
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan
1. Peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental
maupun emosional
2. Kegiatan pembelajaran memungkinkan terjadinya komunikasi
antara guru dan peserta didik
3. Kegiatan pembelajarannya memungkinkan terjadinya interaksi
multi arah
4. Kegiatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik
memikirkan kembali apa yang telah dilakukan
Kelemahan
1.
Membutuhkan dana, dalam pembelajaran yang PAKEM
sering kita memakai media sehingga membutuhkan biaya yang lebih untuk menunjang
proses pembelajaran
2.
Pengembangan RPP, dalam pembelajaran PAKEM guru
dituntut untuk kerja extra dalam pengembangan pembuatan RPP agar dapat
menciptakan pembelajaran yang diinginkan
3.
Manajemen kelas, dalam pembelajaran ini guru
harus selalu dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan
4.
Kurangnya kreatifitas guru, dalam pembelajaran
PAKEM guru cenderung malas untuk melalkukan pembelajaran yang inovatif.
Komentar
Posting Komentar