REFLEKSI DAY 12



REFLEKSI PENDEKATAN CTL/ DAY 12

Pengertian CTL
Pembelajaran konstektual adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari, yaitu dengan konteks lingkungan pribadinya, sosialnya, dan budayanya.

Tujuan CTL
1. Membantu para siswa dengan cara yang tepat untuk mengaitkan makna pada pelajaran-pelajaran akademik mereka.
2. CTL membuat siswa mampu menghubungkan isi dari subjek-subjek akademik dengan konteks kehidupan keseharian mereka untuk menemukan makna.
3. Memberikan pengalaman-pengalaman baru yang merangsang otak membuat hubungan-hubungan baru, dan menemukan makna baru.

Konsep Pendekatan CTL
1. Belajar bukanlah menghafal
2. Belajar bukan sekedar mengumpulkan fakta yang lepas-lepas
3. Belajar adalah proses pemecahan masalah
4. Belajar adalah proses pengalaman sendiri yang berkembang secara bertahap dari yang sederhana menuju yang kompleks.
5. Belajar pada hakikatnya adalah menangkap pengetahuan dari kenyataan

Karakteristik Pembelajaran Kontekstual
1. Pembelajaran dilaksanakan dalam konteks yang autentik.
2. Pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang bermakna (meaningful learning).
3. Pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa melalui proses mengalami (learning by doing).
4. Pembelajaran dilaksanakan melalui kerja kelompok, berdiskusi, saling mengoreksi (learning in a group).
5. Kebersamaan, kerja sama saling memahami dengan yang lain secara mendalam (learning to know each other deeply).
6. Pembelajaran dilaksanakan secara aktif, kreatif, kreatif, dan mementingkan kerja sama (learning to ask, to inquiry, to York together).
7. Pembelajaran dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan (learning as an enjoy activity). 

Komponen – Komponen CTL
1. Konstruktivisme
2. Menemukan (inquiri)
3. Bertanya (Questioning)
4. Masyarakat Belajar (Learning Comunity)
5. Pemodelan ( Modeling)
6. Refleksi ( Reflection)
7. Penilaian yang sebenarnya ( Autenthic Assesment)

Penerapan Pendekatan CTL
(1) Kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkontruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya.
(2) Laksanakan sejauh mungkin kegiatan inkuiri untuk semua topik
(3) Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.
(4) Ciptakan "masyarakan belajar" (belajar dalam kelompok)
(5) Hadirkan "model" sebagai contoh pembelajaran
(6) Lakukan refleksi di akhir pertemuan
(7) Lakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN CTL

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA