REFLEKSI DAY 12
REFLEKSI PENDEKATAN CTL/ DAY 12
Pengertian CTL
Pembelajaran konstektual
adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna
dalam pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan
konteks kehidupan mereka sehari-hari, yaitu dengan konteks lingkungan
pribadinya, sosialnya, dan budayanya.
Tujuan CTL
1. Membantu
para siswa dengan cara yang tepat untuk mengaitkan makna pada
pelajaran-pelajaran akademik mereka.
2. CTL
membuat siswa mampu menghubungkan isi dari subjek-subjek akademik dengan
konteks kehidupan keseharian mereka untuk menemukan makna.
3. Memberikan
pengalaman-pengalaman baru yang merangsang otak membuat hubungan-hubungan baru,
dan menemukan makna baru.
Konsep Pendekatan CTL
1. Belajar bukanlah menghafal
2. Belajar bukan sekedar mengumpulkan fakta yang lepas-lepas
3. Belajar adalah proses pemecahan masalah
4. Belajar adalah proses pengalaman sendiri yang berkembang
secara bertahap dari yang sederhana menuju yang kompleks.
5. Belajar pada hakikatnya adalah menangkap
pengetahuan dari kenyataan
Karakteristik
Pembelajaran Kontekstual
1. Pembelajaran
dilaksanakan dalam konteks yang autentik.
2. Pembelajaran
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang bermakna
(meaningful learning).
3. Pembelajaran
dilaksanakan dengan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa melalui proses
mengalami (learning by doing).
4. Pembelajaran
dilaksanakan melalui kerja kelompok, berdiskusi, saling mengoreksi (learning
in a group).
5.
Kebersamaan, kerja sama saling memahami dengan yang lain secara mendalam (learning
to know each other deeply).
6.
Pembelajaran dilaksanakan secara aktif, kreatif, kreatif, dan mementingkan
kerja sama (learning to ask, to inquiry, to York together).
7.
Pembelajaran dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan (learning as an
enjoy activity).
Komponen – Komponen CTL
1. Konstruktivisme
2. Menemukan (inquiri)
3. Bertanya (Questioning)
4. Masyarakat Belajar (Learning Comunity)
5. Pemodelan ( Modeling)
6. Refleksi ( Reflection)
7. Penilaian
yang sebenarnya ( Autenthic Assesment)
Penerapan
Pendekatan CTL
(1)
Kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja
sendiri, menemukan sendiri, dan mengkontruksi sendiri pengetahuan dan
keterampilan barunya.
(2) Laksanakan
sejauh mungkin kegiatan inkuiri untuk semua topik
(3)
Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.
(4) Ciptakan
"masyarakan belajar" (belajar dalam kelompok)
(5) Hadirkan
"model" sebagai contoh pembelajaran
(6) Lakukan
refleksi di akhir pertemuan
(7) Lakukan
penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara
Komentar
Posting Komentar