REFLEKSI HAKIKAT, CIRI DAN TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (3)
REFLEKSI
HAKIKAT, CIRI DAN TEORI BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN (3)
HAKIKAT DAN CIRI
1.
Hakikat belajar : sebuah kegiatan yang memiliki
tujuan untuk perubahan tingkah laku yang lebih baik
Belajar
: Learning à bagaimana seseorang
itu belajar (deskriptif)
Pengajaran : Teaching
Ciri belajar :
-
1. Mendapatkan pengetahuan baru
-
2. Perubahan bersifat tetap
-
3. Perubahan didapat dengan usaha
-
4. Perubahan bukan bersifat fisik
-
5. Dalam belajar dilakukan secara sadar dan
dilakukan secara fungsional
2.
Pembelajaran : Intruction (preskriptif) à suapaya siswa mencapai
tujuan harus ada desain yang dilihat dari tujuan pembelajaran.
Ciri-ciri
Pembelajaran:
1. Tujuan belajar
2. Adanya pendidik atau guru sebagai fasilitator
-
3. Adanya materi sebagai bahan ajar
- 4.
Segala ilmu yang didapatkan tidak instans
-
5. Adanya aturan selama pembelajaran
-
6. Adanya evaluasi, utk mengetahui seberapa banyak
materi yg dikuasai
TEORI BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN
Teori deskriptif :
hasil belajar
-
Awalnya anak sd kelas 1 belum tau perkalian,
setelah melakukan proses belajar mengajar akhirnya bisa mengetahui perkalian
tersebut.
Kelebihan
:
-
- Lebih terkonsep agar siswa lebih memahami materi
-
- Kekurangan : kurang memperhatikan sisi
psikologis siswa
Teori preskriptif : metode pembelajaran dan tujuan
-
Cara guru memberikan metode pembelajaran
menggunakan metode apa.
Kelebihan
:
-
- Lebih sistematis sehingga punya arah dan tujuan
yg lebih jelas
- - Banyak memberi motivasi sehingga tujuan belajar
semakin maksimal
Kekurangan
:
-
- Membutuhkan waktu yang cukup lama
Preskriptif itu penting
tetapi harus dibarengi dengan perumusan learning
outcome karena akan mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi.
Melihat pada tujuan, dan melihat bagaimana stretegi yang digunakan untuk
mencapai tujuan. Hasil belajar sebagai variabel terikat.
Pertanyaan !!!
1)
Apakah dalam pembelajaran harus ada guru ??
Jawab : Secara umum,
pembelajaran yang dilakukan di sekolah
atau universitas tentunya ada pendidik namun untuk anak yang belajar secara
otodidak bisa belajar sendiri tanpa adanya pendidik namun bisa didampingi oleh
orang tua.
2)
Mengapa teori deskriptif dianggap tidak
memikirkan sisi psikologis siswa ?
Jawab : Karena yang diamati adalah
hasil. Setiap anak punya psikologis yg berbeda-beda, dan anak disuruh untuk
mencapai hasil yang sama dengan menggunakan metode apapun sehingga akan
mempengaruhi sisi psikologis anak. Sebagai seorang pendidik , jangan hanya
melihat hasil melainkan proses.
3)
Bagaimanakah penerapan teori preskriptif dan
deskriptif ?
Jawab : Teori
preskriptif à
diterapkan di sekolah. Siswa belajar secara sistematis dan terarah. Contoh:
siswa mendengarkan pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Teori deskriptif à
bisa dilakukan diluar sekolah, bisa melalui pengalaman.
Contoh : Siswa
diberikan PR dan dikerjakan dirumah, besoknya dikumpulkan ke guru untuk dinilai.
Komentar
Posting Komentar