REFLEKSI HAKIKAT, CIRI DAN TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (3)

REFLEKSI HAKIKAT, CIRI  DAN TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN  (3)

HAKIKAT DAN CIRI
1.    Hakikat belajar : sebuah kegiatan yang memiliki tujuan untuk perubahan tingkah laku yang lebih baik
Belajar : Learning à bagaimana seseorang itu belajar (deskriptif)
Pengajaran : Teaching
Ciri belajar :
-          1. Mendapatkan pengetahuan baru
-          2. Perubahan bersifat tetap
-          3. Perubahan didapat dengan usaha
-          4. Perubahan bukan bersifat fisik
-          5. Dalam belajar dilakukan secara sadar dan dilakukan secara fungsional

2.    Pembelajaran : Intruction (preskriptif) à suapaya siswa mencapai tujuan harus ada desain yang dilihat dari tujuan pembelajaran.
Ciri-ciri Pembelajaran: 
       1. Tujuan belajar
              2. Adanya pendidik atau guru sebagai fasilitator
-          3. Adanya materi sebagai bahan ajar
-          4.  Segala ilmu yang didapatkan tidak instans
-          5. Adanya aturan selama pembelajaran
-          6. Adanya evaluasi, utk mengetahui seberapa banyak materi yg dikuasai

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Teori deskriptif : hasil belajar
-          Awalnya anak sd kelas 1 belum tau perkalian, setelah melakukan proses belajar mengajar akhirnya bisa mengetahui perkalian tersebut.
Kelebihan :
-          - Lebih terkonsep agar siswa lebih memahami materi
-          - Kekurangan : kurang memperhatikan sisi psikologis siswa

Teori preskriptif : metode  pembelajaran dan tujuan
-          Cara guru memberikan metode pembelajaran menggunakan metode apa.
Kelebihan :
-          - Lebih sistematis sehingga punya arah dan tujuan yg lebih jelas
-         - Banyak memberi motivasi sehingga tujuan belajar semakin maksimal
Kekurangan :
-          - Membutuhkan waktu yang cukup lama

Preskriptif itu penting tetapi harus dibarengi dengan perumusan learning outcome karena akan mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Melihat pada tujuan, dan melihat bagaimana stretegi yang digunakan untuk mencapai tujuan. Hasil belajar sebagai variabel terikat.

Pertanyaan !!!
1)   Apakah dalam pembelajaran harus ada guru ??
Jawab : Secara umum, pembelajaran  yang dilakukan di sekolah atau universitas tentunya ada pendidik namun untuk anak yang belajar secara otodidak bisa belajar sendiri tanpa adanya pendidik namun bisa didampingi oleh orang tua.

2)   Mengapa teori deskriptif dianggap tidak memikirkan sisi psikologis siswa ?
Jawab : Karena yang diamati adalah hasil. Setiap anak punya psikologis yg berbeda-beda, dan anak disuruh untuk mencapai hasil yang sama dengan menggunakan metode apapun sehingga akan mempengaruhi sisi psikologis anak. Sebagai seorang pendidik , jangan hanya melihat hasil melainkan proses.

3)   Bagaimanakah penerapan teori preskriptif dan deskriptif ?
Jawab : Teori preskriptif à diterapkan di sekolah. Siswa belajar secara sistematis dan terarah. Contoh: siswa mendengarkan pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Teori deskriptif à bisa dilakukan diluar sekolah, bisa melalui pengalaman.
Contoh : Siswa diberikan PR dan dikerjakan dirumah, besoknya dikumpulkan ke  guru untuk dinilai.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN CTL

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA