REFLEKSI DAY 6



REFLEKSI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME (6) DAY 6

TOKOH TEORI KONSTRUKTIVISME

* JOHN DEWEY
1. Belajar bersifat aktif
2. Kesadaran sosial menjadi tujuan semua pendidikan
3. Guru sebagai fasilitator

* JEAN PIAGET
1. Pengetahuan tidak diperoleh secara pasif
2. Proses belajar terdiri dari 3 tahapan yaitu asimilasi, akomodasi, equilibrasi
3. Guru bertindak sebagai fasilitator

* VYGOTSKY
1. Belajar dilakukan dalam interaksi dengan lingkungan sosial atau fisik
2. Penemuan belajar lebih mudah diperoleh dalam kondisi interaksi antara aspek internal dan eksternal

CIRI-CIRI TEORI KONSTRUKTIVISME:
1. Memberi peluang peserta didik untuk memperoleh pengetahuan baru. Guru tidak banyak menjelaskan tetapi siswa yang harus aktif mencari pengetahuan
2. Menggalakkan persoalan/ide kemudian digunakan sebagai pembelajaran
3. Menyokong pembelajaran secara kooperatif
4. Menggalakkan dan menerima daya usaha dan autonomi murid
5. Menggalakkan peserta didik bertanya dan dialog antar peserta didik dan pendidik
6. Menganggap pembelajaran sebagai suatu proses yang sama pentingnya dengan hasil

PRINSIP TEORI KONSTRUKTIVISME:
1. Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri
2. Murid akan menapat pengetahuan dengan menalar sendiri bukan karena informasi yg diberikan guru
3. Murid aktif mengkonstruksi secara terus menerus
4. Guru hanya membrikan saran dan situasi agar proses konstruksi belajar lancar

IMPLEMENTASI PENDEKATAN
Ada 4 tahap :
1. Apersepsi, siswa didorong untuk mengemukakan pengetahuan awal yang didapatkan
2. Eksplorasi, mengungkapkan dugaan sementara dari apa yg telah dipelajari
3. Diskusi dan penjelasan konsep
4. Pengembangan dan aplikasi, memberikan pemahaman kepada siswa

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEORI KONSTRUKTIVISME
Kelebihan :
1. Memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan gagasan
2. Memberi siswa berpikir dari pengalamannya
3. Memberi siswa untuk mencoba hal baru

Kekurangan
1. Siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri
2. Menanamkan siswa untuk membangun pengetahuan sendiri
3. Kondisi sarana dan prasarana setiap sekolah tidak sama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN CTL

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA