REFLEKSI DAY 6
REFLEKSI TEORI BELAJAR
KONSTRUKTIVISME (6) DAY 6
TOKOH TEORI KONSTRUKTIVISME
* JOHN DEWEY
1. Belajar bersifat aktif
2. Kesadaran sosial menjadi tujuan semua
pendidikan
3. Guru sebagai fasilitator
* JEAN PIAGET
1. Pengetahuan tidak diperoleh secara
pasif
2. Proses belajar terdiri dari 3 tahapan
yaitu asimilasi, akomodasi, equilibrasi
3. Guru bertindak sebagai fasilitator
* VYGOTSKY
1. Belajar dilakukan dalam interaksi dengan
lingkungan sosial atau fisik
2. Penemuan belajar lebih mudah diperoleh dalam kondisi interaksi antara
aspek internal dan eksternal
CIRI-CIRI TEORI KONSTRUKTIVISME:
1.
Memberi peluang peserta didik untuk memperoleh pengetahuan baru. Guru tidak
banyak menjelaskan tetapi siswa yang harus aktif mencari pengetahuan
2.
Menggalakkan persoalan/ide kemudian digunakan sebagai pembelajaran
3.
Menyokong pembelajaran secara kooperatif
4.
Menggalakkan dan menerima daya usaha dan autonomi murid
5.
Menggalakkan peserta didik bertanya dan dialog antar peserta didik dan pendidik
6.
Menganggap pembelajaran sebagai suatu proses yang sama pentingnya dengan hasil
PRINSIP TEORI KONSTRUKTIVISME:
1.
Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri
2.
Murid akan menapat pengetahuan dengan menalar sendiri bukan karena informasi yg
diberikan guru
3.
Murid aktif mengkonstruksi secara terus menerus
4.
Guru hanya membrikan saran dan situasi agar proses konstruksi belajar lancar
IMPLEMENTASI PENDEKATAN
Ada 4 tahap :
1. Apersepsi, siswa didorong untuk mengemukakan pengetahuan
awal yang didapatkan
2. Eksplorasi, mengungkapkan dugaan sementara dari apa yg
telah dipelajari
3. Diskusi dan penjelasan konsep
4. Pengembangan dan aplikasi, memberikan pemahaman kepada
siswa
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEORI KONSTRUKTIVISME
Kelebihan :
1. Memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan gagasan
2. Memberi siswa berpikir dari pengalamannya
3. Memberi siswa untuk mencoba hal baru
Kekurangan
1. Siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri
2. Menanamkan siswa untuk membangun pengetahuan sendiri
3. Kondisi sarana dan prasarana setiap sekolah tidak sama
Komentar
Posting Komentar