STUDY IS A WAY TO CHANGE
HAKEKAT BELAJAR,
CIRI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

A. Hakekat Dan
Ciri-Ciri Belajar Serta Pembelajaran
Pasti kalian
sudah tidak asing dengan kata belajar. Apa sih yang dimaksud dengan belajar ?
Ciri-cirinya seperti apa ? Pembelajaran itu apa ? Bagaimanakah pembelajaran
yang baik ? Kita semua pasti pernah belajar, sejak lahir atau bahkan saat di
dalam kandungan ibu. Tanpa sepengatuan kita, ternyata kita telah melakukan
proses belajar. Belajar memang tidak sepenuhnya dilakukan secara sadar namun
tanpa sengaja kita melakukan sesuatu yang positif itu bisa dibilang belajar.
Study
is a way to change. Misalnya, saat
kecil kita (perempuan) sering bermain masak-masakan dengan teman, nah disitulah
kita juga melakukan proses belajar yaitu belajar berinteraksi dengan orang lain
dan itu tanpa kita sadari karena kita hanya berpikir bahwa masak-masakan hanya
sebuah permainan dan disitu kita hanya bermain. Adanya interaksi dengan orang
lain dapat membawa perubahan terhadap diri seseorang, secara tidak langsung
dapat mempengaruhi. Kita bisa belajar bahwa dalam hidup kita harus mampu
berinteraksi dengan orang lain dan saling membantu. Sehingga dengan belajar
manusia menjadi tahu, mengerti, melaksanakan dan memiliki tentang sesuatu.
Belajar adalah proses mendapatkan
pengetahuan dan perubahan tingkah laku yang besifat permanen pada diri individu
sebagai akibat dari pengalaman. Belajar juga bisa didapatkan dari rumah,
lingkungan maupun sekolah. Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah,
kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang paling penting dan paling utama.
Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada proses belajar yang
dilakukan siswa. Jadi hakekat belajar meliputi peubahan tingkah laku yang dapat
diamati dan diukur, bersifat permanen, diakibatkan oleh pengalaman, terdapat
aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotorik.
Ciri-ciri belajar yaitu:
1. Menyadari adanya perubahan
Perubahan
pada individu dapat dirasakan setelah individu tersebut belajar dan itu terjadi
secara sadar atau setidaknya telaj merasakan telah terjadi perubahan dalam
dirinya.
2. Perubahan bersifat fungsional
Perubahan
yang terjadi sekarang akan mempengaruhi perubahan yang terjadi berikutnya,
sehingga akan berguna pada proses belajar selanjutnya karena perubahan yang
terjadi berlangsung terus-menerus dan tidak statis. Oleh karena itu dalam
belajar individu harus belajar untuk hal-hal yang positif, sehingga perubahan
yang didapatkan pun juga akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.
3. Perubahan perlu usaha
Semakin
banyak dan baik usaha belajar yang dilakukan, maka semakin banyak dan baik
perubahan yang diperoleh. Untuk mendapatkan perubahan semua tidak langsung
terjadi begitu saja melainkan dengan usaha dan dilakukan secara kontinu.
4. Tidak dipaksakan
Dalam
belajar, seorang individu harus belajar dengan niat dari dalam dirinya sendiri
bukan dari paksaan orang lain karena akan berpengaruh terhadap hasil belajar.
5. Perubahan akan terarah
Hasil belajar adalah perubahan.
Apabila seorang individu belajar secara terarah maka perubahan yang didapatkan
juga akan terarah.
Dalam pendidikan pasti ada belajar,
mengajar, pengajaran dan pembelajaran. Pengertian belajar sudah dibahas diatas,
selanjutnya yaitu pengertian mengajar, pengajaran dan pembelajaran. Keempat hal
tersebut akan berhubungan satu sama lain. Mengajar adalah upaya yang disengaja
dengan cara mengatur dan mengorganisasi lingkungan disekitar siswa dalam rangka
menumbuhkan dan mendorong siswa untuk melakukan proses belajar mengajar. Peran
seorang guru yakni sebagai pemimpin dan fasilitator belajar. Jadi dapat
disimpulkan bahwa mengajar merupakan proses membelajarkan siswa. Sedangkan
pengajaran adalah kegiatan yang
dilakukan oleh guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa (transfer ilmu).
Pengajaran dapat diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar. Pembelajaran merupakan suatu proses
membelajarkan siswa secara terprogram dan didesain secara sistematis serta
menekankan pada penyediaan sumber belajar agar siswa dapat mencapai tujuan
pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 20 dinyatakan bahwa pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar atau lingkungan
belajar.
Ciri pembelajaran, yaitu :
1. Adanya interaksi
Interaksi
sangat diperlukan dalam pembelajaran, yaitu interaksi pendidik dengan peserta
didik maupun peserta didik dengan lingkungan.
2. Hubungan antara komponen pembelajaran
Komponen pembelajaran meliputi guru,
peserta didik, materi pembelajaran. Apabila terjadi interaksi dari ketiga
komponen tersebut maka akan melibatkan metode pembelajaran, media pembelajaran,
dan tempat pembelajaran sehingga tercipta lingkungan yang kondusif guna
mencapai tujuan pembelajaran.
B. Teori
Pembelajaran
Teori belajar adalah deskriptif, karena
tujuannya adalah menjelaskan proses belajar yang nantinya untuk memberikan
hasil, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuannya
menetapkan metode pembelajaran yang optimal untuk mencapai tujuan. Teori
belajar lebih memperhatikan hubungan antara variabel-variabel yang menentukan
hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran memperhatikan bagaimana cara seseorang mempengaruhi orang
lain agar terjadi proses belajar. Teori belajar lebih menekankan pada hubungan
psikologis siswa dengan kegiatan siswa. Sedangkan teori pembelajaran hanya
menekankan pada proses psikologis siswa.
Kelebihan dan kekurangan teori
deskriptif yaitu siswa lebih memahami mataeri yang akan disampaikan karena cara
belajarnya lebih terkonsep, teori ini mendorong siswa untuk mancari sumber
sebanyak-banyaknya untuk mengerjakan tugas sehingga kurang memperhatikan
kondisi psikologis siswa. Sedangkan teori preskriptif mempunyai kelebihan yaitu
metode pembelajaran lebih bersifat sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan
yang jelas, banyak memberikan motivasi agar terjadi proses belajar sehingga
menoptimalisasi kerja otak secara maksimal. Kekurangannya yaitu perlu waktu
yang cukup lama karena dalam meraih tujuan tidak akan langsung terjadi
melainkan secara perlahan-lahan.
Komentar
Posting Komentar